• Kesehatan 08.10.2019
    cara merawat kesehatan mata

    Stefan Blog – Bagian terpenting dari tubuh adalah indra penglihatan pada mata yang akan digunakan sepanjang waktu. Tanpa mata yang sehat, penglihatan di lingkungan sekitar tidak akan maksimal. Jika ada bagian area pada mata yang terganggu, tentu akan mengganggu juga penglihatan pada mata. Gangguan pada mata yang tak kunjung disadari bisa berujung kebutaan. Lalu apa saja cara sehat untuk merawat kesehatan mata?

    5 Cara Menjaga Kesehatan Mata Kita

    Berikut adalah tips dan cara sehat untuk merawat kesehatan mata.

    1. Merawat mata agar jarak pandang tidak terlalu dekat pada objek

    Untuk perawatan pada mata, kurangi jarak dekat menonton layar smartphone, layar monitor, membaca buku dan bermain game. Nonton film di televisi memang lebih asyik, tapi memiiki dampak negatif bagi kesehatan mata anak-anak. Anak yang sering menonton televisi terlalu dekat, akan lebih beresiko mengalami minus pada mata saat tumbuh dewasa.

    1. Menjauhkan pandangan dari cahaya yang berlebihan

    Tidak dianjurkan melihat layar smartphone terlalu dekat, melihat layar smartphone dalam keadaan cahaya ruangan yang gelap. Melalui hal seperti ini mata akan susah mengambil cahaya pantulan dari arah yang berlawanan dengan objek. Dianjurkan untuk melihat layar kamera pada keadaan ruangan yang terang guna merawat kesehatan mata.

    1. Menghindari gosokan mata secara kasar dan berlebihan

    Dianjurkan tidak menggosok mata secara berlebihan dan kasar saat kemasukan debu karena akan menyebabkan mata anda terasa gatal. Mengucek-ucek dan menggosok mata secara kasar dan berlebihan menyebabkan sedikit demi sedikit kerusakan pada mata Anda.

    1. Mengkonsumsi vitamin A sejak dini

    Mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin A juga satu cara yang dianjurkan untuk merawat kesehatan mata. Antara lain vitamin A dari sayur wortel, buah alpukat, buah pepaya, serta tomat merupakan makanan yang dianjurkan sekali untuk dikonsumsi agar kesehatan mata dari dalam tubuh juga dapat terpenuhi.

    1. Konsumsi asam lemak omega tiga

    Asam lemak omega tiga ikan salmon, ikan tuna, ikan halibur terbukti dapat melindungi saluran air mata Kita, serta melindungi lensanya dan berguna meminimalisir kekeringan pada mata serta mencegah penyakit katarak. Mengurangi daging merah dan mengkonsumsi ikan 3-4 porsi seminggu bagian dari usaha merawat kesehatan mata yang dapat mengurangi resiko gangguan mata pada usia senja.

    Itulah beberapa cara sehat untuk merawat kesehatan mata yang bisa Anda lakukan. Jangan sampai karena malas, Anda mendapati masalah pada mata. Dengan perawatan yang benar tentu kesehatan mata akan diperoleh dengan mudah.

    Artikel Menarik Lainnya: Begini Perbedaan Antara Mobil Ambulans Jenazah dan Pasien

    Posted by stefanmartin @ 6:36 am

  • Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.