• Otomotif 19.06.2019

    cara klaim asuransi mobil

    Musim mudik sudah berlalu. Pastinya memberikan banyak kenangan yang tidak akan terlupakan tentunya. Akan tetapi tidak semua dari kita yang berkesempatan untuk datang dengan selamat ke rumah sanak saudara, beberapa dari kita mengalami kecelakaan, bahkan sampai harus kehilangan nyawa karena ingin sekali bertemu dengan saudara-saudara yang hanya bisa ditemui setahun sekali.

    Banyaknya kecelakaan yang terjadi pada musim mudik, mengharuskan kita, pengendara dan pemilik mobil, untuk mengasuransikan baik keluarga, maupun kendaraan yang digunakan. Karena hal seperti ini ternyata cukup penting ketika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Salah satunya kecelakaan parah.

    Sebagai salah satu merk yang memiliki jam terbang tinggi untuk urusan asuransi, Toyota memiliki langkah-langkah yang mudah bagi para konsumennya dalam pengajuan klaim asuransi. Proses pengajuan yang mudah membuat konsumen tidak perlu repot untuk kesana-kemari dalam pengurusannya, akan tetapi tentunya ada beberapa poin yang mengharuskan pelanggan memperhatikan dengan seksama, agar proses pengajuan klaim asuransi berjalan mulus.

    Beberapa langkah yang harus dilakukan agar proses pengajuan cara klaim asuransi mobil cepat dan mulus adalah sebagai berikut:

    • Perhatikan Jangka Polis Asuransi

    Konsumen ada baiknya untuk selalu memperpanjang polis asuransi kendaraan mereka. Hal ini dilakukan untuk pencegahan ketika terjadi kecelakaan parah, mobil bisa langsung diasuransikan saat itu juga, tidak harus mengurus surat ini dan itu.

    • Cek Jenis Asuransi

    Tidak semua asuransi pada kendaraan bermotor bersifat menyeluruh atau All Risk. Ada juga asuransi yang hanya klaim cat yang luntur atau rusak, lalu hanya mencakup mesin dengan rentang 10.000 hingga 30.000km saja, dan lain-lain.

    • Persiapkan Dokumen Pendukung

    Dokumen pendukung harus ada ketika melakukan pengajuan asuransi. Dokumen ini biasanya adalah SIM yang masih berlaku, KTP, dan juga STNK dari mobil yang ingin diajukan asuransinya.

    Diatas adalah tiga poin yang harus diperhatikan sebelum melakukan klaim garansi. Lalu pihak mana saja yang mengadakan jasa asuransi mobil?

    Jasa Penyedia Klaim Asuransi Mobil

    Sekarang ini sudah banyak jasa pihak ketiga yang memberikan asuransi untuk mobil, dengan harga yang berbagai macam pula. Penyedia jasa asuransi ini juga memiliki beberapa paket asuransi, mulai dari All Risk hingga asuransi mesin saja. Berikut adalah daftarnya:

    • Asuransi Kendaraan Bermotor Simasnet

    Asuransi ini menyediakan paket All Risk dengan tanggungan premi yang cukup murah, hanya Rp 3.4 Juta pertahun. Mereka juga menyediakan bengkel rekanan, sehingga mudah untuk melakukan klaim.

    • Asuransi Kendaraan Bermotor ACA (BCA)

    Asuransi berwarna biru ini memiliki premi yang lebih tinggi, Rp 4 Juta pertahun. Memiliki fasilitas santunan kecelakaan Rp 300.000 setiap kejadian.

    • Asuransi Kendaraan Bermotor Buana Independent

    Dengan premi Rp 3 Jutaan, anda sudah mendapatkan fasilitas All Risk, dan juga santunan berupa Rp 500.000 per kejadian, atau 10% dari klaim yang diajukan.

     

    Diatas adalah tiga penyedia jasa asuransi yang paling cocok untuk kendaraan anda. Segera asuransikan kendaraan anda agar bisa langsung diperbaiki jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

    Posted by stefanmartin @ 10:34 am

  • Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.